Selasa, 24 Mei 2016

RENDANG WARISAN KULINER NUSANTARA



Rendang,siapa yang nggak kenal dengan masakan ini.Rendang sangat familiar ditelinga masyarakat Indonesia.Masakan Indonesia yang satu ini bukan hanya menjadi favorit orang Indonesia saja, tetapi juga banyak disukai oleh hampir semua orang di dunia. Wisatawan luar negeri yang pernah mengunjungi Indonesia pasti mengakui kelezatan masakan yang berasal dari daerah Padang Sumatera Barat ini.

Saking lezatnya, masakan ini pernah diulas di berbagai website terkenal sebagai salah satu masakan terenak di dunia bersanding dengan masakan-masakan dari berbagai negara lainnya. Contohnya pada tahun 2011, CNN Internasional menobatkan Rendang menjadi salah satu dair 50 makanan terlezat didunia. Hebat bukan?

Bahan utama nya hanya daging sapi biasa, namun yang membuat luar biasa adalah bumbu dan cara pengolahannya. Bumbu rendang menggunakan perpaduan bumbu rempah yang khas ditambah waktu pengolahan yang cukup lama sehingga daging sapi menjadi empuk ketika disantap.

Orang Padang memang jago dalam hal masak memasak apalagi meracik bumbu sehingga rendang menjadi masakan yang banyak diminati oleh semua orang. Lihat saja di semua restoran Padang, pasti anda bisa menemukan Rendang di daftar menunya.

Bagaimana kalau anda membuat Rendang sendiri di rumah? Jangan khawatir tidak enak kalau kamu tidak mencoba membuatnya sendiri dirumah.Dalam membuat Rendang dibutuhkan kesabaran karna proses pembuatan rendang yang cukup lama dan melelahkan.selamat mencoba memasak rendang.

Bahan-bahan dasar Rendang:

600 gram daging sapi rendah lemak kemudian anda potong-potong dadu dengan ukuran sesuai selera anda, tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil.
500 ml santan kental yang diperoleh dari 1 1/2 butir kelapa.Disarankan kamu untuk tidak menggunakan santan instan, karena santan instan pasti mengandung bahan-bahan kimia yang kita tidak tahu efek sampingnya.
1000 ml santan encer yang merupakan sisa dari santan kental
2 cm lengkuas kemudian memarkan
2 batang serai lalu juga dimemarkan
2 lembar daun kunyit
4 lembar daun jeruk yang tulang daunnya sudah dibuang terlebih dahulu
2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir

Bumbu halus Rendang, semuanya dihaluskan dengan cara diulek:

15 buah cabai merah keriting
5 buah cabai merah besar
15 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe
4 butir kemiri
1 sendok teh merica
2 1/2 sendok teh ketumbar

Cara Membuat Rendang Khas Padang:

Pertama anda siapkan wajan kemudian nyalakan api lalu masukan santan encer, masak sampai sedikit panas.
Lalu masukkan bumbu halus, ditambah dengan lengkuas, serai, daun kunyit, daun jeruk, garam, dan gula pasir. Rebus bumbu-bumbu tersebut didalam santan encer tadi sambil diaduk-aduk sampai mendidih.
Setelah mendidih kemudian masukkan daging sapinya, lalu rebus daging sampai matang sambil diaduk-aduk di atas api kecil. Rebus daging sapi ini sampai kuahnya mengering lalu tambahkan santan kental.
Terus masak sambil anda aduk sampai santannya kental berminyak. Setelah bumbu daging menjadi kental dan berminyak itu artinya Rendang sudah diap disajikan.
Angkat rendang, sajikan dan Rendang Khas Padang pun siap disantap.

Resep Masakan Rendang Khas Padang ini bisa anda praktikkan dirumah, sehingga ketika anda ingin menyantap kelezatan rendang, anda tidak perlu pergi ke restoran Padang atau restoran lainnya. Namun perlu diingat, memasak rendang ini perlu kesabaran karena membuat santan-santan tadi menjadi mengental itu perlu waktu yang cukup lama.

Dan lamanya pengolahan ini membuat daging sapi pun menjadi empuk dan lebih lembut ketika disantap. Jadi salah satu kunci kelezatan Rendang ini adalah kesabaran dalam membuatnya.

Rendang juga sangat awet dan rasa aromanyapun tidak berubah.Disaat melakukan pendakian gunung,rendang cukup bagus di bawa sebagai bekal.

Dan pada saat lebaran menu rendang menjadi menu wajib yang harus ada di meja makan.Karena sudah menjadi tradisi turun temurun di ranah minang.

0 komentar:

Posting Komentar